IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

AZIZ, RIZKY MAULANA (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RIZKY MAULANA AZIZ 23010180231.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk implementasi kegiatan keagamaan siswa; 2) Faktor pendukung dalam implementasi kegiatan keagamaan siswa; 3) Faktor penghambat dalam implementasi kegiatan keagamaan siswa; 4) Bentuk implementasi kegiatan peduli siswa; 5) Faktor pendukung dalam implementasi kegiatan peduli lingkungan siswa; 6) Faktor penghambat dalam implementasi kegiatan peduli lingkungan siswa SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dari kepala sekolah, guru dan siswa; dan sumber sekunder dapat berupa dokumen serta foto kegiatan keagamaan dan peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP Negeri 2 Salatiga memiliki: 1) Bentuk-bentuk implementasi kegiatan keagamaan siswa meliputi membaca Al-Qur’an, membaca Asmaulhusna, membaca doa, pembiasaan salat fardu, pembiasaan bersedekah, PHBI, dan Ekstrakulikuler Keagamaan; 2) Faktor pendukung implementasi kegiatan keagamaan siswa adalah peran orang tua, sarana dan prasarana sekolah, komitmen Guru Agama Islam, dan lingkungan sekitar sekolah; 3) Faktor penghambat implementasi kegiatan keagamaan siswa adalah pandemi Covid-19 dan latar belakang siswa yang beragam. 4) Bentuk-bentuk implementasi kegiatan peduli lingkungan siswa adalah Program Adiwiyata, menjaga kebersihan kelas, penanaman tumbuhan, membuang sampah pada tempatnya, pengelolaan sampah, penghematan energi, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, konsumsi makanan bergizi dan higienis, pemberian Vaksin Covid-19, dan olahraga teratur; 5) Faktor pendukung implementasi kegiatan peduli lingkungan siswa adalah sarana dan prasarana sekolah dan pandemi Covid-19; 6) Faktor penghambat implementasi kegiatan peduli lingkungan siswa adalah pandemi Covid-19 dan kurang sadarnya siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:39
Last Modified: 05 Jul 2022 06:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item