Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Gadis Kecil di Tepi Gaza

Mustofa, Ali (2016) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Gadis Kecil di Tepi Gaza. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Ali Mustofa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam Islam. Pendidikan akhlak merupakan inti dari pendidikan Islam itu sendiri. Pendidikan bisa didapat dari mana saja, seperti halnya melalui karya sastra yang bermutu dan berkualitas. Diantaranya adalah novel Gadis Kecil di Tepi Gaza karya Vanny Chrisma W. yang di dalamnya banyak mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak. Fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Gadis Kecil di Tepi Gaza karya Vanny Chrisma W. 2. Bagaimana karakter tokoh yang patut diteladani sesuai dengan nilai-nilai pendidikan Islam. 3. Bagaimanakah implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Gadis Kecil di Tepi Gaza karya Vanny Chrisma W. pada kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan sumber data primer dari penelitian ini adalah novel Gadis Kecil di Tepi Gaza dan sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku novel Gadis Kecil di Tepi Gaza yaitu: Akhlak terhadap Allah SWT yang terdiri dari: bereriman kepada Allah, dzikir kepada Allah, berdoa, tawakkal, husnudzan kepada Allah, salat, jihad fi sabilillah, sabar, syukur. Akhlak terhadap orang lain yang terdiri dari: mengucapkan dan menjawab salam, birrul walidain, peduli, memotivasi, rendah hati. Akhlak terhadap diri sendiri yang terdiri dari: kuat dan pemberani, menjaga diri. Kedua: karakteristik tokoh yang meneladani akhlak Rasul yaitu: Palestin berkarakter sabar dan taat dalam salat. Yanaan, Adeeba, Abigail berkarakter peduli. Yahded Haidar berkarakter peduli, penyayang, jihad fi sabilillah. Sarah Hanabi berkarakter menjaga kehormatan diri. Latief berkaraker memotivasi terhadap sesama. Theodore, Phapillion Bonasacha, Kumari Khan, Resti, Restu berkarakter peduli terhadap sesama. Ketiga: Implikasi pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari yaitu meneladani akhlak rasul yang terdapat dalam novel Gadis kecil di Tepi gaza seperti halnya beriman, tawakkal, salat, sabar, syukur dan lain sebagainya dalam kehidupan adalah suatu upaya yang nyata untuk mewujudkan akhlakul karimah. Kokohnya sebuah negara ditentukan bagaimana akhlak generasi penerusnya. Generasi yang memiliki akhlak yang mulia akan menjadi penopang kelanjutan nasib sebuah bangsa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 07:47
Last Modified: 29 Mar 2017 07:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item