UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MAKANAN MINUMAN HALALDAN HARAM DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII H DI MTS NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2021/2022

YULISTIANA, WIBI (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MAKANAN MINUMAN HALALDAN HARAM DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII H DI MTS NEGERI 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulistiana, Wibi. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Makanan Minuman Halal dan Haram Dengan Model Blended learning dan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VIII H di MTs Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci : Hasil belajar, Blended Learning, Video Animasi Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi makanan minuman halal dan haram dengan Model blended Learning dan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VIII H di MTs Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan Model Blended Learning dan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VIII H di MTs Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa dalam penerapan Model Blended Learning dan Media Video Animasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi makanan minuman halal dan haram. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan mendapatkan data-data sekolah, nilai hasil belajar, dan dokumentasi foto-foto pada kegiatan pembelajaran siswa kelas VIII H. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu pada tahap Pra Siklus terdapat 14 siswa yang tuntas dari seluruh siswa dengan rata-rata nilai keseluruhan73,33. Sedangkan pada Siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas dengan rata-rata 76,83. Dan pada Siklus II hanya terdapat 4 siswa yang belum tuntas dan 26 siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 81,16. Sedangkan data presentase maksimal yang dicapai 85%, maka data presentase Pra-Siklus sampai dengan Siklus II sebagai berikut: Pra-Siklus 46,66%, Siklus I 66,66%, dan Siklus II 86,66%. Maka hasil yang didapatkan sudah melebihi target yaitu 85%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi makanan minuman halal dan haram pada siswa kelas VIII H MTs Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 18:56
Last Modified: 05 Jul 2022 11:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13795

Actions (login required)

View Item View Item