PEMBINAAN AKHLAK MULIA DAN KEISTIKAMAHAN BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

, Rizqi Fadhilatul Munawaroh (2022) PEMBINAAN AKHLAK MULIA DAN KEISTIKAMAHAN BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI-RIZQI FM-23010180224.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Munawaroh, Rizqi Fadhilatul. 2022. Pembinaan Akhlak Mulia dan Keistikamahan Belajar Siswa di SMP Islam Sudirman Banyubiru Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Akhlak Mulia, Keistikamahan Belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk pembinaan akhlak mulia 2) Faktor pendukung pembinaan akhlak mulia 3) Faktor penghambat pembinaan akhlak mulia 4) Bentuk pembinaan keistikamahan belajar 5) Faktor pendukung keistikamahan belajar 6) Faktor penghambat keistikamahan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Islam Sudirman Banyubiru. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber agar mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) bentuk pembinaan akhlak mulia meliputi: keteladanan, nasihat, latihan, pembiasaan, pujian, sangsi. (2) faktor pendukung pembinaan akhlak mulia meliputi: peran orang tua, lingkungan sekolah, peran kepala sekolah, peran guru agama, lingkungan dan masyarakat. (3) faktor penghambat pembinaan akhlak mulia meliputi: lingkungan, latar belakang siswa, kurangnya perhatian orang tua. (4) bentuk pembinaan keistikamahan belajar meliputi: imajinasi, pembelajaran terpusat pada siswa, teknologi, metode pertanyaan dan jawaban, pengorganisasian, motivasi, penanaman nilai agama. (5) faktor pendukung keistikamahan belajar meliputi: kehendak dan tekat, kemampuan guru, sarana prasarana. (6) faktor penghambat keistikamahan belajar siswa meliputi: kurangnya waktu pembelajaran PAI, kurangnya minat siswa dalam belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 18:14
Last Modified: 06 Jul 2022 18:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13809

Actions (login required)

View Item View Item