Setiyawan, Iwan (2022) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, LOKASI STRATEGIS DAN KREDIBILITAS PERBANKAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Semarang). [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Iwan Setyawan Jilid_080357.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Customer Relationship Marketing, Lokasi, Strategis, dan Kredibilitas Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner atau angket yang ditujukan kepada nasabah aktif kepada BSI KC Semarang yang memiliki rekening tabungan atau pembiayaan. Sampel yang diambil sebanyak 112 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian di olah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS statistic version20 SPSS. Analisis ini meliputi Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Statistik (Koefisien Determinasi (R2), Uji Statistik F, Uji Statistik t test), Aji Asumsi klasik (Multikolinieritas, Heroskedostifitas, Uji Normalitas) dan Path Analysis (Analisis Jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kredibilitas perbankan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, Customer Relationship Marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, lokasi strategis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kredibilitas perbankan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan variabel Customer Relationship Marketing, lokasi, kredibilitas, dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas. Sedangkan dalam analisis jalur atau path analysis kepuasan tidak dapat memediasi antara pengaruh Customer Relationship Marketing, lokasi strategis dan kredibilitas perbankan terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 09:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13823 |
Actions (login required)
View Item |