WAHYUNI, (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MELALUI METODE PEER LESSON DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII F SMP N 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Wahyuni 23010180058.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa melalui metode Peer Lesson dan Talking Stick pada siswa kelas VIII F di SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sampai 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa pada Siswa kelas VIII F SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil belajar pra siklus, siklus I, sampai siklus II. Pada pra siklus ada 9 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar 30%, sedangkan siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 21 siswa dengan presentase 70%. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 60% dan 12 siswa yang belum tuntas atau 40%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 90% dan 3 siswa yang belum tuntas atau 10%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 16:38 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 13:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13826 |
Actions (login required)
View Item |