PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MELALUI METODE PEER LESSON DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII F SMP N 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

WAHYUNI, (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MELALUI METODE PEER LESSON DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII F SMP N 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Wahyuni 23010180058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa melalui metode Peer Lesson dan Talking Stick pada siswa kelas VIII F di SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sampai 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peer Lesson dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa pada Siswa kelas VIII F SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil belajar pra siklus, siklus I, sampai siklus II. Pada pra siklus ada 9 siswa dengan presentase ketuntasan hasil belajar 30%, sedangkan siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 21 siswa dengan presentase 70%. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 60% dan 12 siswa yang belum tuntas atau 40%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 90% dan 3 siswa yang belum tuntas atau 10%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 16:38
Last Modified: 08 Jul 2022 13:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item View Item