OCTAVIANA, NIDA LAILY (2022) PEMBINAAN SIKAP TAWADHU DAN ETIKA BERGAUL PADA SISWA DI MTs NEGERI 2 KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI FULL NIDA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama strategi pembinaan sikap tawadhu dan etika bergaul pada siswa di MTs Negeri 2 Kendal tahun ajaran 2021/2022. Kedua faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap tawadhu dan etika bergaul pada siswa di MTs Negeri 2 Kendal tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dengan mewawancarai kepala madrasah, para guru, dan siswa dan sumber data sekunder yang diperoleh dari artikel, buku, jurnal, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan pengesahan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama strategi yang digunakan dalam pembinaan sikap tawadhu dan etika bergaul di MTs Negeri 2 Kendal dengan strategi pembiasaan, mengingatkan, pembelajaran, dan nasihat. Strategi tersebut didukung dengan adanya kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan. Kegiatan yang mendukung dalam sikap tawadhu diantaranya membaca asmaul husna, membaca surat-surat pendek, kegiatan keagamaan seperti membiasakan sholat dhuhur berjamaah, mengadakan sholat hari raya idhul adha, dan menunaikan zakat fitrah, serta kegiatan hari jumat seperti jumat religi, dan jumat tadarus, sedangkan kegiatan yang mendukung dalam etika bergaul diantaranya salam senyum sapa, upacara pada hari senin dan kegiatan hari jumat seperti jumat bersih dan jumat sehat. Kedua, faktor pendukung pembinaan sikap tawadhu dan etika bergaul pada siswa di MTs Negeri 2 Kendal adalah sarana dan prasarana, kerjasama anta sesama pihak, dan pelaksanaan tata tertib, sedangkan faktor penghambat pembinaan sikap tawadhu dan etika bergaul pada siswa di MTs Negeri 2 Kendal adalah kurangnya kedisiplinan dan kejujuran siswa, faktor lingkungan, dan kurangnya komunikasi yang harmonis.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 17:20 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 11:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13829 |
Actions (login required)
View Item |