Manajemen Kurikulum Pendidikan Satu Atap di MTs Salafiyah Wonoyoso Desa/ Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen Tahun 2016

Asror, Muhammad Azim (2016) Manajemen Kurikulum Pendidikan Satu Atap di MTs Salafiyah Wonoyoso Desa/ Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI MUH. AZIM ASROR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum pendidikan satu atap di MTs Salafiyah Wonoyoso desa/ Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (a) Bagaimana penerapan kurikulum di MTs Salafiyah Wonoyoso, (b) Bagaimana hambatan dalam pelaksanaan kurikulum di MTs Salafiyah Wonoyoso, (c) Sejauhmana keberhasilan manajemen kurikulum di MTs Salafiyah Wonoyoso, untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam melaksanakan penelitian penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dari penelitian tersebut menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun subjek dan objek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala 1, dan pengasuh Pondok Pesantren. Sedangkan objeknya yaitu MTs Salafiyah Wonoyoso. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam proses pengecekan dan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik drajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan analisa data yang didapatkan bahwa kurikulum yang diterapkan di MTs Salafiyah Wonoyoso, yaitu menggunakan tiga kurikulum, pertama, kurikulum Kemendikbud, kedua, kurikulum Kemenag, dan ketiga, kurikulum Pondok Pesantren. Adapun hambatan dalam penerapan kurikulum di MTs Salafiyah Wonoyoso ialah adanya tenaga pengajar yang mengajar mata pelajaran tidak sesuai denga jurusannya ketika berkuliah, kurang berkompetennya tenaga pengajar karena hanya sebatas mengenyam pendidikan setara dengan SMA dan masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi. Sedangkan keberhasilan penerapan kurikulum ditandai dengan banyaknya lulusan dari lembaga tersebut mahir dalam bidang ilmu agama dan ilmu umum serta terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadai. Serta semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga, ditandai dengan banyaknya siswa yang mendaftar dari daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:05
Last Modified: 30 Mar 2017 02:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item