Mujab, Saiful (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MTS MA'ARIF 3 KLETERAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MEGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
3 SKRIPSI SAIFUL MUJAB 23010150371.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan siswa di MTs Ma’arif 3 Kleteran Grabag, (2) untuk mendeskripsikan implementasi sikap sosial siswa di MTs Ma’arif 3 Kleteran Grabag, (3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi implementasi kegiatan keagamaan siswa MTs Ma’arif 3 Kleteran Grabag. (4) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi sikap sosial pada siswa MTs Ma’arif 3 Kleteran Grabag. Peneliti ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Dalam memperoleh data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru dan siswa. Untuk analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Implementasi kegiatan keagamaan siswa di MTs Ma’arif 3 Grabag antara lain: doa sebelum dan sesudah pembelajaran, hafalan doa-doa harian, hafalan juz amma, membaca asmaul husna, shalat dhuha berjamaah, shalat dhuhur berjamaah, infak (sosial jumat), istighosah dan peringatan hari besar islam (PHBI). (2) Implementasi sikap sosial siswa di MTs Ma’arif 3 Grabag antara lain: bertanggung jawab, sopan santun, saling menghormati, tolong-menolong, peduli, toleransi. (3) Faktor penghambat dan solusi implementasi kegiatan keagamaan antara lain: faktor internal meliputi kondisi jasmani dan rohani, sikap siswa, minat siswa, dan motivasi siswa, faktor eksternal meliputi orangtua, lingkungan, pergaulan dan rasio guru dan siswa yang banyak. Solusinya yaitu guru bekerjasama dengan orang tua untuk selalu mengingatkan, mengajak, mendidik dan membimbing dalam menerapkan kegiatan keagamaan, mengambil jam-jam kosong untuk pembelajaran privat (sorogan), menambah tenaga pendidik dan membiasakan dalam melakukan kegiatan keagamaan. (4) faktor penghambat dan solusi implementasi sikap sosial siswa di MTs Ma’arif 3 Grabag, faktor penghambat antara lain: faktor internal siswa, orang tua yang kurang peduli, pergaulan siswa dan lingkungan masyarakat. Solusinya yaitu wali kelas bekerjasama dengan guru BP dalam mengawasi dan melakukan pendekatan kepada siswa, guru bekerjasama dengan orang tua untuk melakukan pendekatan kepada siswa, memberikan contoh yang baik, mengawasi tindakan anak serta membimbing dalam bersikap sosial yang baik, memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa tentang arti pentingnya sikap sosial, dan membiasakan siswa dalam bersikap sosial yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2022 02:13 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 20:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13840 |
Actions (login required)
View Item |