IHSANIYATI, (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTs YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
IHSANIYATI_23070180077 (TADRIS MATEMATIKA).pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah menengah yang monoton membuat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan rendah. Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di MTs Yaspi Pakis khususnya kelas VIII, diperoleh informasi bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika masih rendah, inovasi guru dalam merancang pembelajaran juga masih kurang, serta minimnya media yang tersedia. Peneliti juga memperoleh data ratarata hasil belajar dari 145 siswa kelas VIII MTs Yaspi Pakis adalah 52,89. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran yang diinovasikan dengan alat peraga yakni menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantu alat peraga yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap suatu materi dengan peran aktif siswa dalam pembelajaran serta kemandirian siswa untuk menemukan sendiri ide-ide, konsep dan mengambil makna dari materi tersebut dengan bimbingan serta arahan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantu alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Only Control Group Design. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 dengan uji Independent Sampel T Test dan uji nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning berbantu alat peraga dengan model pembelajaran konvensional, serta hasil uji nilai N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen termasuk kategori cukup efektif dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 66,6% dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas kontrol termasuk kategori kurang efektif dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 46,7%. Dengan itu, maka pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning berbantu alat peraga lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2022 17:46 |
Last Modified: | 10 Jul 2022 17:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13843 |
Actions (login required)
View Item |