Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Intensitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang tahun 2021/2022

YUPITASARI, MAULINA PUTRI (2022) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Intensitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang tahun 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP MAULINA PUTRI Y.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada beberapa tujuan, yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa, (2) pengaruh intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa, (3) pengaruh lingkungan sekolah dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang Tahun 2021/2022. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang sebanyak 45 siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang tahun 2021/2022. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,190 > 2,017) maka hipotesis pertama diterima, (2) Ada pengaruh yang positif antara intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang tahun 2021/2022. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (5,383 > 2,017) maka hipotesis kedua diterima, (3) Ada pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs N 2 Kota Magelang tahun 2021/2022. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (23,091 > 3,21) maka hipotesis ketiga diterima. Nilai koefisien determinasi (r²) sebesar 52,4% yang artinya variabel lingkungan sekolah dan intensitas mengikuti kegiatan keagamaan berpengaruh terhadap perilaku sosial siswa sebesar 52,4%, sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 8,280 + 0,811X₁ + 0,725X₂

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2022 00:10
Last Modified: 10 Jul 2022 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item