Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Pengumuman dengan Metode Mind Map di Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Ajaran 2015/2016

Hidayati, Nofita Nur (2016) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Pengumuman dengan Metode Mind Map di Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI NOFITA NUR HIDAYATI 115-12-009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis pengumuman dengan metode mind map. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah metode mind map dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pengumuman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun Ajaran 2015/2016? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: (1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya, (2) Action, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi Menulis Pengumuman (3) Observation, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, (4) Reflection, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari laki-laki 9 siswa dan perempuan 11siswa. Peneliti ini menggunakan metode mind map pada saat bahasa Indonesia. Temuan dari peneliti ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind map pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis pengumuman dapat meningkatkan hasil belajar siswaHal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pra siklus nilai yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 42,85% dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 57,15% dengan rata-rata 58,80. Pada siklus I ini nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 14 siswa atau 66,66% dan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 33,34% dengan rata-rata 66,90. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 85,71% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 14,29% dan nilai rata-rata yang diperoleh 79,28. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu berinovasi dalam hal media, metode, dan teknik yang bervariasi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:25
Last Modified: 30 Mar 2017 02:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item