EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MA’ARIF AL-HUDA WONOROTO KABUPATEN MAGELANG PADA KONSEP KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

AMBARWATI, NUR AZIZAH BINA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MA’ARIF AL-HUDA WONOROTO KABUPATEN MAGELANG PADA KONSEP KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR AZIZAH BINA AMBARWATI 23060170073.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar peserta didik dan mengetahui motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto Kabupaten Magelang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII A dengan jumlah 14 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII B dengan jumlah 14 orang sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan posttest dan data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar (posttest) kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) adalah 70,71 dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 60,94. Pengujian hipotesis data hasil belajar menggunakan uji Independent sample t-test diperoleh nilai nilai t hitung sebesar 2,417 > nilai t tabel 2,056 maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis angket, dapat diketahui bahwa motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) tergolong sangat tinggi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 14:57
Last Modified: 23 Jul 2022 07:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item