PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANGTUA DAN GURU MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN METODE LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 4 UNGARAN KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Awaliyah, Nazilah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANGTUA DAN GURU MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN METODE LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 4 UNGARAN KAB.SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NAZILAH AWALIYAH 23010180114.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar tergantung pada seberapa baik guru mengelola pembelajaran. Berdasarkan observasi peneliti terhadap siswa SMP Negeri 4 Ungaran, ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dikelas, dimana guru menggunakan banyak metode pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa di dalam kelas. Pembelajaran berlangsung saat guru menyampaikan bahan ajar, siswa kurang percaya diri dalam bertanya dan mengungkapkan pendapat. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi Hormat dan Patuh Kepada Orangtua dan Guru melalui Metode Cooperative Script dan Listening Team pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi. Permasalahan tersebut dilakukan melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Script dan Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Hormat dan Patuh Kepada Orangtua dan Guru pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ungaran Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil belajar siswa pada pra siklus, 14 siswa tuntas dan 19 siswa tidak, dengan nilai rata-rata 72,12. Rata- rata untuk siklus I adalah 72,24 dan tingkat ketuntasan belajar adalah 51,5%. Nilai rata-rata pada siklus II mencapai 87,57, dan tingkat ketuntasan belajar adalah 90,9%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa siklus II berhasil mencapai 85% indikator keberhasilan, dan siklus II mencapai tingkat ketuntasan 90%. Kemudian siklus berakhir dan dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 20:18
Last Modified: 12 Jul 2022 13:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item