PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

MUSTAQIM, AHMAD KHANIF (2022) PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
AHMAD KHANIF MUSTAQIM 23010180063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mustaqim, Ahmad Khanif. 2022. Pembinaan Kegiatan Keagamaan dan Kedisiplinan Belajar Pada Peseta Didik di MTs. Ma’arif Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan Dan Kedisiplinan Belajar Penelitian ini dilaksankan untuk mengetahui pembinaan kegiatan keagamaan pada peserta didik di MTs Ma’arif Pringsurat. Tujuan lainya dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui pembinaan kedisiplinan belajar pada peserta didik di MTs Ma’arif Pringsurat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kegiatan keagamaan pada peserta didik di MTs Ma’arif Pringsurat dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kedisplinan belajar pada peserta didik di MTs Ma’arif Pringsurat Peneliti melaksanakan penelitian dengan dengan menggunakan metode peneltian kualitatif. Metode penelitian kualitatif menggunakan tiga cara yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan cara melaksanakan wawancara terhadap Waka Kesiswaan, Waka kurikulum, guru, dan siswa, selain itu juga dilaksanakan observasi langsung terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh peserta didik seta pengumpulan data dokumentasi seperti foto, jurnal, buku, dan data lainya. Hasil penelitian ditemukan bahwa:1). pembinaan kegiatan keagamaan di MTs. Ma’arif Pringsurat melalui siswa diwajibkan untuk mondok, keteladanan, tadarus Al-qur’an dan asmaul husna sebelum memulai pelajaran, berdoa sebelum memulai pelajaran, sholat jamaah, mujahadah setiap akhir bulan, Jum’at ikhlas, pelaksanaan kurban. 2). Pembinaan kedisiplinan belajar di MTs. Ma’arif Pringsurat melalui pengecekan seragam dan kerapian, kewajiban datang kesekolah sebelum jam 06.30, penegakan tata tertib sekolah .3). Faktor pendukung dari pembinaan kegiatan keagamaan yaitu adanya fasilitas pondok, peserta didik memiliki motivasi yang kuat, dan banyak guru yang telah berpartisipasi, sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kegiatan yang terlalu padat, masih ada guru kurang disiplin dan tanggung jawab siswa yang masih rendah. 4). Faktor pendukung kedisplinan belajar yaitu peserta didik memiliki sikap tanggung jawab, terdapat jadwal kegiatan, semua guru berpartisipasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik tidak memiliki sikap tanggung jawab, siswa tidak mampu membedakan kegiatan pondok dan sekolah, kurangnya integritas dalam penegakan peraturan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 22:46
Last Modified: 18 Jul 2022 10:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13880

Actions (login required)

View Item View Item