PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

sari, Artanti yunita (2022) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN KEDISIPLINAN PADA SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ARTANTI YUNITA SARI 23010180022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa, dan untuk mendeskripsikan dampak dari pembinaan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru agama, guru BK dan siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Pembinan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa melalui metode nasihat, contoh dan teladan, pengawasan, pendekatan, pembiasaan, sanksi/ hukuman dan hadiah. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa yaitu meliputi faktor internal dari dalam diri siswa berupa kesadaran siswa, faktor eksternal yaitu dari orang tua, teman, lingkungan dan peraturan yang ada. Adapun faktor penghambat meliputi faktor internal dari dalam diri siswa yang bermalas-malasan. Kedua, faktor eksternal yaitu dari teman. (3) Dampak pembinaan kepribadian muslim dan kedisiplinan pada siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa dapat dinilai melalui kedisiplinan melaksanakan ibadah wajib dan sunnah, saling menghormati baik dengan guru dan teman, memiliki kesadaran atas diri sendiri terhadap tanggung jawab dan kewajiban, menjalin silaturahmi antar sesama. Dampak dari pembinaan kedisiplinan dinilai dari ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan, ikut serta pembelajaran, dan terdapat sanksi/hukuman bagi siswa yang melanggar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2022 15:25
Last Modified: 13 Jul 2022 08:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item