Suryanto, Edi (2022) Implementasi Pendidikikan Sikap Ta’dzim Dan Khidmah Santri Di Pondok Pesantren Pancasila Dusun Klumpit Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2021. [UNSPECIFIED]
Text
EDI SURYANTO 23010150292 PAI.fix.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Suryanto, Edi. 2021. Implementasi Pendidikan Sikap Ta’dzim Dan Khidmah Santri Di Pondok Pesantren Pancasila Desa Klumpit, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga Tahun 2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Guntur Cahyono, M. Pd. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Ta’dzim, Khidmah, Santri, Kiai Dan Pondok Pesantren. Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: 1. Untuk mengetahui makna implementasi pendidikan sikap ta’dzim dan khidmah santri di pesantren Pancasila. 2. Untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pendidikan sikap ta’dzim dan khidmah santri di pesantren Pancasila. 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap ta’zdim dan khidmah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang merupakan sumber yang berasal dari pengamatan dan wawancara pada pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Pancasila. Sumber data yang lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini Informasi diperoleh dari pengasuh, pengurus dan santri di Pondok Pesantren Pancasila Klumpit, Sidorejo, Salatiga. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari pengasuh, tiga pengurus, dan satu santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Pendidikan Sikap Ta’dzim Dan Khidmah Santri Di Pondok Pesantren yaitu Sifat ta’dzim dan khidmah santri yang paling utama adalah mengaji, ta’dzim (hormat) pada guru, dan Khidmah di pesantren agar mendapatkan keberkahan ilmu agama. Jika santri bisa menerapkan Sifat ta’dzim dan khidmah dalam dirinya sendiri maka nantinya santri pun akan terbiasa melakukan hal-hal yang bersifat baik. Adapun proses pendidikan sikap ta’dzim dan khidmah memberikan keteladanan pada santri, menasihati, memberikan mauidhoh hasanah, melalui pembiasaan yang baik, mengajak santri, mentaati peraturan yang telah disetujui. pengaruh implementasi sifat ta’dzim dan khidmah santri di pesantren sangat banyak, santri bisa menempatkan komunikasi dengan yang sebaya dan lebih tua dan respect. Santri juga akan mempunyai karakter cekatan, paham kondisi, dan lebih mandiri atau tidak selalu ketergantungan dengan orang lain.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 21:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 10:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13902 |
Actions (login required)
View Item |