IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTs ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU

Firdaus, M. Iqbal (2022) IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTs ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU. [UNSPECIFIED]

[img] Text
M._IQBAL_FIRDAUS_23060170020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Lembar Kerja Siswa berbasis STEM berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta bagaimana upaya dalam mengimplementasikan Lembar Kerja Siswa berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana Kelas VIII di MTs Roudlotul Furqon Banyubiru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Banyubiru yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Lembar Kerja Siswa berbasis STEM pada materi pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Banyubiru. Peningkatan hasil belajar ini dapat didasarkan pada data hasil belajar rata-rata siswa siklus I adalah 67,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 78,5. Bukan hanya dalam nilai rata-rata, dalam data ketuntasan KKM siswa antar siklus juga mengalami peningkatan untuk siklus I siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau 45% sedangkan untuk siklus II mengalami peningkatan yakni 17 siswa yang tuntas atau 85%. Dalam siklus II siswa yang belum tuntas ada 3 siswa dengan nilai mendekati KKM dan lebih baik dari nilai sebelumnya. Sehigga dapat dikatakan bahwa siklus telah berhenti karena mengacu pada indikator keberhasilan klasikal dimana siklus akan berhenti apabila 85% siswa telah mendapatkan nilai hasil belajar ≥ KKM. Meningkatnya hasil belajar tersebut juga diperkuat dengan angket minat belajar siswa, pada siklus I siswa yang nilai angketnya ≥66% 11 siswa atau 55% dan megalami peningkatan pada siklus II siswa yang nilai angketnya ≥66% 17 siswa atau 85%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:35
Last Modified: 14 Jul 2022 19:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item