KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI DALAM KITAB ‘IDHOTU AN-NASYIIN

Nikmah, Ulfatun (2017) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI DALAM KITAB ‘IDHOTU AN-NASYIIN. Other thesis, fakultas Tarbiyah dan Imu keguruan.

[img] Text
skrip fiks ulfa pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupkan pengaruh, bantuan atau tututan yang diberikan oleh orang yang bertanggung jawab kepada anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Akhlak menurut SyaikhMusthafa al-Ghalayaini dalam kitab ‘Idhotu An-Nasyiin dan Relevansi pemikiran Syaikh Musthafa al-Ghalayaini terhadap pendidikan islam di Indonesia. Skripsi ini menggunakan metode Library Research, yaitu penelitian yang dilakukan diperpustakaan yang obyek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal, Koran, majalah, dokumen) dan lain sebagainya. Penulis fokuskan penelitian ini pada pendidikan Islam di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penulisan ini adalah dengan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya. Karena obyekdalam penelitian adalah buku-buku, maka penulis menelaah dan mengkaji buku-buku yang dipilih sebagai bahan penelitian. Setelah data terkumpul, maka dilakukan penelaahan secara sistematis dalam hubungannya dengan masalah yang diteliti, sehingga diperoleh data atau informasi untuk bahan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Content Analisis, Metode Analisa Historis dan Metode Analisa Deskriptif, yang menunjukkan bahwa: Pendidikan menurut Musthafa al-Ghalayaini dalam kitab‘Idotun Nasyiin merupakan usaha menanamkan akhlak terpuji dalam jiwa anak-anak, Akhlak yang sudah tertanam itu harus disirami dengan bimbingan dan nasehat, sehingga menjadi watak atau sifat yang melekat dalam jiwa. Konsep yang dibangun dari pendidikan Syaikh Musthafa al-Ghlayaini dalam kitab ‘Idhotun Nasyiin, dapatd ilihat dari beberapa kriteri asifat-sifat yang harus dimiliki oleh anak didik, yaitu berani maju kedepan, mempunyai sifat dermawan, mempunyai rasa kesabaran, keikhlasan dan kemuliaan jiwa. Pendidikan Islam dalam kitab ‘Idotun nasyiin dengan konteks pendidikan di Indonesia masa sekarang memiliki adanya persamaan penggunaan dan kebutuhan dengan berbagai pernyataan yang rasional baik tentang materi pendidikan, metode pendidikan dan tujuan pendidikan. konsep pendidikan dalam kitab ‘Idhotun Nasyiin terhadap konsep PAILKEM tidak adarelevansinya karena konsep pendidikan Syaikh Musthafa al-Ghalayaini termasuk konsep pembelajaran tradisional yang hanya menerima ceramah dari sang guru tentang ilmu pengetahuan dan informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:25
Last Modified: 31 Mar 2017 02:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item