Hubungan antara Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru PAI dengan Karakter Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego Tahun Pelajaran 2021/2022

hamidah, (2022) Hubungan antara Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru PAI dengan Karakter Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego Tahun Pelajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi HAMIDAH (23010180061).pdf

Download (3MB)

Abstract

Hamidah. 2022. Hubungan antara Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru PAI dengan Karakter Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial; Karakter Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022, 2) Mengetahui hubungan antara kompetensi sosial guru PAI dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022, 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI secara bersama-sama dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji korelasi ganda, uji F, interpretasi data, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil rhitung > rtabel (0,460 > 0,142) dengan kategori hubungan cukup kuat. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru PAI dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil rhitung > rtabel (0,465 > 0,142) dengan kategori hubungan cukup kuat. 3) terdapat hubungan yang positif antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI secara bersama-sama dengan karakter peserta didik di MTs Muhammadiyah 7 Klego tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil Rhitung sebesar 0,527 yang kemudian diuji signifikansinya diperoleh Fhitung > Ftabel (25,319 > 3,06) yang berarti signifikan dan dapat digeneralisasikan ke seluruh populasi dan kategori hubungannya cukup kuat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2022 21:56
Last Modified: 15 Jul 2022 15:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item