Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Permohonan Pembatalan Jama'ah Haji (Studi Kasus Pada Jama'ah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang)

mustolich, Muhammad (2022) Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Permohonan Pembatalan Jama'ah Haji (Studi Kasus Pada Jama'ah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD MUSTOLICH (034).pdf

Download (4MB)

Abstract

Mustolich, Muhammad. 2022. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Permohonan Pembatalan Jama’ah Haji (Studi Kasus Pada Jama’ah Haji Di Kementerian Agama Kota Semarang. Skripsi. Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.Si. Kata kunci: Dampak Pandemi Covid-19, Jama’ah Haji, Pembatalan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak pandemi covid-19 dan faktor yang mempengaruhi terhadap permohonan pembatalan jama’ah haji di Kementerian Agama Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pegawai penyelenggara haji dan para jama’ah haji yang membatalkan haji di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Sumber data dari penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yaitu meliputi hadil wawncara pegawai penyelenggara haji dan para jama’ah haji yang membatalkan haji, kemudian data sekundernya yaitu berupa dokumen resmi Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, menyatakan bahwa pandemi covid-19 yaitu suatu virus yang dapat mengakibatkan kematian apabila terpapar virus tersebut. Dampak adanya pandemi covid-19 yaitu mengakibatkan para jama’ah haji yang seharusnya dapat berangkat pada tahun 2021 namun harus dibatalkan oleh Menteri Agama dengan mempertimbangkan keamanan dan keselamatan petugas haji dan jama’ah haji. Kantor Kementerian Agama Kota Semarang merupakan suatu instansi yang terdampak pandemi covid-19 salah satunya pada bagian penyelenggara ibadah haji dan umrah dalam menangani permohonan pembatalan haji, jama’ah haji yang sudah terdaftar mengajukan permohonan pembatalan haji karena faktor ekonomi, kematian, dan pernah berangkat haji. haji yang membatalkan haji dengan tujuan demi keberlangsungan sehari-hari.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2022 01:42
Last Modified: 16 Jul 2022 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item