PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BERBASIS LAGU ANAK-ANAK PADA SISWA KELAS V MIN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Izzah, Savika Nurul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BERBASIS LAGU ANAK-ANAK PADA SISWA KELAS V MIN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI PGMI SAVIKA NURUL IZZAH 23040180107.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis karangan narasi bahasa Indonesia saat menggunakan model snowball throwing berbasis lagu anak-anak pada siswa kelas V MIN 1 Semarang, Kec Ambarawa, Kab Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V C MIN 1 Semarang yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus serta memiliki 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi pada tiap siklusnya. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan indikator keberhasilan secara klasikal sebesar 85% sebagai pedoman berdasarkan KKM sebesar 78. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model snowball throwing berbasis lagu anak-anak dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 1 Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil prasiklus sebelum menerapkan model snowball throwing berbasis lagu anak- anak hanya 12 siswa dari 33 siswa (36%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), meningkat pada siklus I yang menunjukan bahwa 21 siswa mencapai KKM (64%) dengan nilai rata-rata 76 sedangkan pada siklus II terdapat 29 siswa yang tuntas (88%) dengan nilai rata-rata 85. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I ke sisklus II mengalami peningkatan 24%. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar pra siklus ke siklus II mencapai 52%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 14:32
Last Modified: 18 Jul 2022 14:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item