ismawanti, Risma (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN RESPIRATION VIDEOS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A MTs SA ASYSYUHADA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. [UNSPECIFIED]
Text
RISMA ISMAWANTI 23060180031.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan respiration videos pada kelas VIII A MTs SA Asysyuhada. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan langkah-langkahnya sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi. Subjek yang diamati adalah kelas VIII A MTs SA Asysyuhada yang berjumlah 21 siswa dengan rincian 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan respiration videos dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs SA Asysyuhada pada materi sistem pernapasan manusia. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran diakhir proses kegiatan belajar mengajar. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 66,7% siswa tuntas dengan jumlah rata-rata 69,5. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 85,7% siswa tuntas dengan jumlah rata-rata 81,1. Peningkatan antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 11,6 dengan persentase 19%. Penelitian ini berhenti di siklus II karena sudah mencapai indikator keberhasilan klasikal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 85%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 18:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 11:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13988 |
Actions (login required)
View Item |