UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MATERI MENELUSURI JEJAK PERADABAN ISLAM ANDALUSIA TURKI DAN INDIA SEBELUM ABAD XX DENGAN METODE SNOWBALL THROWING DAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Resta, Febby Angga (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MATERI MENELUSURI JEJAK PERADABAN ISLAM ANDALUSIA TURKI DAN INDIA SEBELUM ABAD XX DENGAN METODE SNOWBALL THROWING DAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FEBBY ANGGA RESTA FINISH PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Resta, Febby Angga. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tarikh Materi Menelusuri Jejak Peradaban Islam Andalusia Turki Dan India Sebelum Abad XX Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Snowball Throwing dan Team Quiz Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode snowball throwing dan team quiz dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Tarikh materi menelusuri jejak peradaban Islam di Andalusia Turki dan India sebelum abad XX pada siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes tertulis, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa silabus, soal tes, RPP, materi pembelajaran, lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball throwing dan team quiz dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Tarikh materi “menelusuri jejak peradaban Islam Andalusia Turki dan India pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Plus Salatiga tahun pelajaran 2021/2022” hal ini dibuktikan adanya peningkatan dari berbagai siklus yang sudah dilaksanakan. Pada Pra Siklus nilai rata-rata siswa sebesar 54,5, siswa yang tuntas 1 atau (10%) dan siswa tidak tuntas 9 atau (90%) dengan nilai tertinggi sebesar 70 sedangkan nilai terendah sebesar 40. Oleh karena itu perlunya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar pada siklus selanjutnya. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa 61,5 siswa tuntas 3 atau (30%) serta siswa tidak tuntas 7 atau (70%) dengan nilai tertinggi sebesar 80 sedangkan nilai terendah sebesar 45. Secara klasikal pembelajaran belum mencapai ketuntasan belajar karena belum mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥85%. Maka dari itu perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar sudah mengalami peningkatan dari 10 siswa di kelas yang tuntas 9 atau (90%), yang tidak tuntas 1 atau (10%) dengan nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 55. Hasil belajar pada siklus II sudah mencapai target yang diharapkan karena siswa yang memperoleh nilai dari KKM sebesar 90% dari indikator keberhasilan yaitu ≥85%. Maka dari itu penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥85

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 18:24
Last Modified: 18 Jul 2022 18:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item