MODEL MARKETING 4P KAMPUNG SINGKONG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LEDOK ARGOMULYO SALATIGA

jumal, Moh (2022) MODEL MARKETING 4P KAMPUNG SINGKONG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LEDOK ARGOMULYO SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI 2022 by Jumal_ FIXS..pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model marketing 4P kampung singkong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Ledok Argomulyo Salatiga. (2) untuk mengetahui dampak dari model marketing 4P kampung singkong dalam meningkatkat kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Ledok Argomulyo Salatiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pemilik usaha, pelanggan dan masyarakat sekitar kampung singkong. Sumber data dari penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yaitu meliputi hasil wawancara yang peneliti lakukan kepada para pengusaha, pelanggan dan masyarakat sekitar kampung singkong, kemudian data sekundernya yaitu berupa dokumen yang disediakan di salah satu pengusaha kampung singkong. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) Marketing kampung singkong menggunakan 4P, produk dari kampung singkong selalu di jaga kualitasnya, harga yang diterapkan menggunakan 2 faktor perhitungan yaitu margin/cos-plus dan patokan harga yang berlaku di pasaran, dalam segi tempat kampung singkong memiliki daya tarik tersendiri bagi pelanggan, seperti kafe yang berdesain menarik dan menawarkan suasana yang berbeda, selanjutnya promosi yang dilakukan menggunakan media sosial, buat stand dan foucer. (2) Kesejahteraan masyarakat banyak yang terbantu dengan adanya kampung singkong, mulai dari mendapat pekerjaan yang lebih layak dan dekat, hingga meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya petani singkong yang hasil panennya bisa langsung terserap.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 19:46
Last Modified: 18 Jul 2022 13:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item