PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING KELAS VII G SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Oktavia, Harlinda (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING KELAS VII G SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
HARLINDA OKTAVIA 23060180057.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan pembelajaran berbasis problem solving pada hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 8 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai beriku: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G yang berjumlah 30 peserta didik dengan komposisi 18 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Proses pembelajaran melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan pembelajaran berbasis problem solving terdapat beberapa langkah yakni; 1) Eksplorasi, 2) Proses sains, 3) Konstruktivis, 4) Learning community, 5)Edutainment dan 6) Assesment. Penerapan ini dilakukan ketika pembelajaran berlangsung di dalam dan di luar kelas yang dibimbing oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan pembelajaran berbasis problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII G SMP Negeri 8 Salatiga, pada materi pencemaran lingkungan. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran diakhir proses kegiatan belajar mengajar. Siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 17 peserta didik atau 56,67% dengan rata-rata nilai 70,1 dan siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 26 peseta didik atau 86,67% dengan nilai rata-rata 78,83. Sedangkan melalui penerapan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan pembelajaran berbasis problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA, materi pencemaran lingkungan pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 8 Salatiga, hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah disebarkan pada peserta didik. Sebanyak 79,7% peserta didik menyatakan setuju dengan penerapan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan pembelajaran berbasis problem solving pada saat kegiatan belajar mengajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 19:52
Last Modified: 18 Jul 2022 13:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item