CHAYATI, FITRI NUR (2022) PENANAMAN NILAI SOSIAL KEAGAMAAN DAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA BOARDING SCHOOL NURUL ILMI MTs NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]
Text
FITRI NUR CHAYATI_23010180015.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Chayati, Fitri Nur. 2022. Penanaman Nilai Sosial Keagamaan dan Karakter Disiplin pada Siswa Boarding School Nurul Ilmi MTs Negeri 1 Kota Magelang Tahun 2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: penanaman, nilai sosial keagamaan, nilai karakter disiplin Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui cara penanaman nilai sosial keagamaan pada siswa Boarding School Nurul Ilmi MTs Negeri 1 Kota Magelang tahun 2022, (2) Untuk mengetahui cara penanaman nilai karakter disiplin siswa Boarding School Nurul Ilmi MTs Negeri 1 Kota Magelang tahun 2022, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung penanaman nilai sosial keagamaan dan karakter disiplin pada Siswa Boarding School Nurul Ilmi MTs Negeri 1 Kota Magelang tahun 2022, (4) Untuk mengetahui faktor penghambat penanaman nilai sosial keagamaan dan karakter disiplin pada Siswa Boarding School Nurul Ilmi MTs Negeri 1 Kota Magelang tahun 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua pengelola, pengasuh dan siswa Boarding School Nurul Ilmi, sebagai sumber data. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, cara penanaman nilai sosial keagamaan pada siswa Boarding School Nurul Ilmi dilakukan melalui kajian kitab kuning (Akhlaqul lil banin dan Washoya), pelatihan tahlil dan ziarah bersama, pembiasaan dengan program yang ada di boarding, dan keteladanan dalam berinteraksi dengan sesama. Kedua, cara penanaman nilai karakter disiplin pada siswa Boarding School Nurul Ilmi dilakukan melalui pembiasaan dengan jadwal kegiatan harian, keteladanan dari pengasuh, pembuatan tata tertib atau larangan-larangan, pemberian hukuman dan hadiah (reward dan punishment) yang disampaikan sejak awal kepada siswa. Ketiga, faktor pendukung penanaman nilai sosial keagamaan dan karakter disiplin pada siswa Boarding School Nurul Ilmi berasal dari faktor internal (motivasi dalam diri siswa) dan faktor eksternal (pengasuh dan ustadz boarding, orang tua dan teman yang baik dan disiplin). Keempat, faktor penghambat penanaman nilai sosial keagamaan dan karakter disiplin pada siswa Boarding School Nurul Ilmi berasal dari faktor internal (perbedaan karakter, perbedaan pemahaman/kecerdasan, labil dan ego masih besar, kurangnya kesadaran diri, perubahan mood siswa, dan perasaan ingin pulang ke rumah) dan faktor eksternal (pengaruh buruk dari teman).
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 20:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 14:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14004 |
Actions (login required)
View Item |