PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN ESTAFET TEPUNG PADA ANAK KELAS A RA TARBIYATUSSHIBYAN KEBUMEN PRINGSURAT TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

F, Nafida Retno (2022) PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN ESTAFET TEPUNG PADA ANAK KELAS A RA TARBIYATUSSHIBYAN KEBUMEN PRINGSURAT TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi jadi Nafida Retno.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fibriyanti, Nafida. 2022. Pengembangan Sosial Emosional Melalui Permainan Estafet Tepung pada Anak Kelompok A RA Tarbiyatusshibyan Kebumen Pringsurat Temanggung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institute Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh M.Si. Kata Kunci: Estafet, Permainan Estafet Tepung Kemampuan sosial emosional di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen kelompok A.2 menunjukkan bahwa masih rendah. Hal ini dibuktikan ada beberapa anak yang belum mampu bersosialisasi baik dengan sesama teman hal ini terlihat dengan adanya beberapa siswa yang masih ditunggu oleh orang tua/ wali murid serta masih ada beberapa anak yang masih kurang antusias pada saat mengikuti kegiatan belajar .Sehingga anak di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen masih perlu pembinaan dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah Permainan Estafet Tepung dapat mengembangkan kemampuan Sosial emosional pada anak Kelompok A.2 di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Permainan Estafet Tepung dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok A.2 di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A.2 di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen yang berjumlah 24 anak meliputi 10 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan Estafet Tepung dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional kelompok A.2 di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen tahun pelajaran 2021/2022. Persentase keberhasilan Siklus I terdapat 12 anak yang Belum Muncul (BM) dan 12 anak yang Mulai Muncul (MM) dengan pencapaian 36%. Siklus II terdapat 8 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 14 anak Berkembang Sesuai Harapa (BSH), dan 2 anak Mulai Muncul (MM). Dari Siklus I dan Siklus II telah melampaui kriteria ketuntasan yang di tetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 88,1% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 21:04
Last Modified: 05 Aug 2022 12:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item