Widayanti, Ninik (2022) EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Ninik Widayanti 23060180037.pdf Download (6MB) |
Abstract
Widayanti, Ninik. 2022. Efektivitas Model Quantum Learning dengan Metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Gerak Manusia pada SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Quantum Learning; Metode Practice Rehearsal Pairs (PRP); Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model quantum learning dengan metode practice rehearsal pairs (PRP) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem gerak manusia SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan desain one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga dan diambil satu sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas studi dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu model quantum learning dengan metode practice rehearsal pairs (PRP), dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes. Data tes berupa soal pilihan ganda yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Metode pengambilan data menggunakan pretest dan posttest sedangkan data non tes menggunakan angket (kuesioner) dan lembar observasi siswa yang telah diuji keabsahannya melalui validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji T-Test dengan program SPSS 22.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (-11.028) dan ttabel (2.042). Dikarenakan skor thitung = -11.028 merupakan skor mutlak, maka thitung > ttabel. Dengan (Pvalue 0.000 < 0.05), sehingga hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model quantum learning dengan metode practice rehearsal pairs (PRP) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem gerak manusia SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini juga diperkuat dengan hasil angket respon siswa memiliki persentase sebesar 80% dan hasil lembar keaktifan siswa sebesar 74,8% dari kriteria ideal.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 17:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 14:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14028 |
Actions (login required)
View Item |