KURNIAWATI, OVIANA PUTRI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MATERI PERISTIWA SIANG DAN MALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MIN 3 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Oviana Putri Kurniawati 23040180110.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kurniawati, Oviana Putri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Materi Peristiwa Siang Dan Malam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas I MIN 3 Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing : Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Membaca Permulaan, dan Media Flash Card Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I yang terbilang masih rendah, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru kelas. Yaitu dari 28 siswa hanya 12 siswa yang memenuhi KKM sedangkan 16 siswa lainnya belum memenuhi KKM. Oleh karena itu penelitian ini mengupayakan perbaikan dengan menggunakan media flash card. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media flash card pada siswa kelas I di MIN 3 Sragen. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IB MIN 3 Sragen yang berjumlah 28 siswa meliputi 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal evaluasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ≥ 85 % siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan materi peristiwa siang dan malam mata pelajaran bahasa Indonesia pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas I MIN 3 Sragen. Aspek kognitif peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus sebanyak 12 siswa (42,85 %) siswa yang mencapai KKM, siklus I sebanyak 19 siswa (67,86 %) siswa yang mencapai KKM, dan Siklus II sebanyak 25 siswa (89,28 %) siswa yang mencapai KKM. Aspek afektif siswa semakin meningkat yaitu dari siklus I dengan nilai 53 dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 71 dalam kategori baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik dibuktikan dengan presentase pra siklus sebanyak 9 siswa (32,14 %) siswa yang mencapai KKM. Siklus I sebanyak 20 siswa (71,42 %) siswa yang mencapai KKM. Siklus II sebanyak 25 siswa (89,28 %) siswa yang mencapai KKM. Maka Penelitian Tindakan Kelas Ini dinyatakan berhasil, karena hasil ketuntasan siswa pada Siklus II diperoleh 89,28% sehingga telah mencapai indikator ketuntasan secara klasikal yaitu ≥ 85 % dari jumlah total siswa dalam satu kelas
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 17:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 11:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14032 |
Actions (login required)
View Item |