ZULAIKHAH, SITI (2022) HUBUNGAN ANTARA PEMBIASAAN SALAT DHUHA DAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA MTS MA'ARIF AL-HUDA WONOROTO KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Siti Zulaikhah 23010180087.pdf Download (2MB) |
|
Text
Siti Zulaikhah 23010180087.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: pembiasaan, salat dhuha, asmaul husna, sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pembiasaan salat dhuha dengan sikap sosial siswa MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto, mengetahui adanya hubungan antara pembiasaan membaca asmaul husna dengan sikap sosial siswa MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto, serta mengetahui adanya hubungan antara pembiasaan salat dhuha dan membaca asmaul husna secara bersama-sama dengan sikap sosial siswa MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap siswa kelas VII dan VIII di MTs Ma’arif Al Huda Wonoroto, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Sampel yang diambil sebanyak 63 responden dengan teknik Simple Random Sampling. Kemudian hasil yang diperoleh diolah dengan SPSS versi 21. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil; Pembiasaan salat dhuha berkorelasi positif dan signifikan dengan sikap sosial, hal ini ditunjukan dari nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,578 > 0,254 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Pembiasaan asmaul husna berkorelasi positif dan signifikan dengan sikap sosial, hal ini ditunjukan dari nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,660 > 0,254 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Serta pembiasaan salat dhuha dan membaca asmaul husna secara bersama-sama berkorelasi positif dan signifikan dengan sikap sosial, hal ini ditunjukan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,500 lebih besar dari r tabel atau 0,500 > 0,254 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,005.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 18:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 14:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14036 |
Actions (login required)
View Item |