Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP N 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

Dewi, Tilam Sari (2016) Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP N 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
TILAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional di SMP Negeri 1 Karanggede tahun pelajaran 2015/2016. Pertanyaan penelitian yang ingin dijawab peneliti adalah : 1) Bagaimana upaya Guru PAI untuk mengenali dan memahami emosi siswa di SMP N 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Apa saja metode yang digunakan Guru PAI untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMP N 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Guru PAI dalam menerapkan/mengimplementasikan metode pengembangan kecerdasan emosional pada siswa di SMP N 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dengan mengambil objek kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Karanggede. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan kemudian ditarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengenali dan memahami emosi siswa di SMP Negeri 1 Karanggede dilakukan melalui berbagai cara yang secara bersamaan telah mengembangkan unsur-unsur kecerdasan emosional yang meliputi kesadaran diri, motivasi diri, pengaturan diri, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. 2) Metode pengembangan kecerdasan emosional siswa yang dilakukan guru PAI yaitu menghubungkan mata pelajaran dengan pengalaman pribadi, pengarahan, sosiodrama, bercerita, sharing (belajar berbagi), dan Peer teaching method (metode tutor teman sebaya). 3) Faktor yang mendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional: Dukungan dari dewan guru, kesadaran anak, dan kegiatan siswa. Faktor yang menghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional: latar belakang anak yang berbeda-beda, jam belajar, sarana dan prasarana, lingkungan pergaulan, kesadaran anak yang terkadang kurang, perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak yang kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 01:47
Last Modified: 06 Apr 2017 01:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item