Ramadhani, Annisa Nur (2022) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTS AL USWAH BERGAS. [UNSPECIFIED]
Text
Annisa Nur Ramadhani-TIPA-23060180042.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) terhadap kamampuan critical thinking siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan tes soal essai pre-test dan post-test yang telah diuji keabsahannya dengan uji validitas serta uji reliabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada uji t adalah 0,009 ˂ 0,05, Ha diterima. Terdapat perbedaan kemampuan critical thinking antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Analisis korelasi yang dihasilkan adalah 0,000 ˂ 0,05, terdapat hubungan antar dua variabel. Dengan analisis regresi sebesar 0,000 ˂ 0,05. Dan persamaan regresi yang diperoleh yakni Y= 35,748 + 0,592X, benilai positif dan memiliki hubungan antar variabel searah. Dengan besar koefisien determinasi adalah 60,7%. Disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan critical thinking siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 15:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 10:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14061 |
Actions (login required)
View Item |