PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA FLIP BOOK MAKER PADA SISWA KELAS VIII C SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

Khoirina, Afiya (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA FLIP BOOK MAKER PADA SISWA KELAS VIII C SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
afiya skripsi .pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khoirina, Afiya. 2022.“Peningkatan Hasil Belajar Materi Menghindari Akhlak Tercela Melalui Metode Pembelajaran Mind mapping dengan Media Flipbook Maker pada Siswa Kelas VIII C SMP Islam Sunan Giri Salatiga Tahun ajaran 2021/2022”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. SI. Kata kunci: hasil belajar, menghindari akhlak tercela, mind mapping, dan flipbook maker Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Mind Mapping dan media pembelajaran Flipbook Maker dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menghindari akhlak tercela kelas VIII C SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun ajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Adapun objek penelitianya adalah siswa kelas VIII C SMP Islam Sunan Giri Salatiga yang berjumlah 21 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian pra siklus yang mencapai KBM sebanyak 6 siswa dan jika dipersentasekan sebanyak 28.57 % sedangkan yang belum mencapai KBM sebanyak 15 siswa jika dipersentasekan sebesar 71.42%. Pada siklus I yang mencapai KBM sebanyak 13 siswa, jika dipersentasekan sebesar 38.09 % sedangkan yang belum mencapai KBM sebanyak 8 siswa jika dipersentasekan sebesar 38.09%. Pada siklus II yang mencapai KBM sebanyak 20 siswa dan jika dipersentasekan sebanyak 95.23% sedangkan yang belum mencapai KBM sebanyak 1 siswa jika dipersentasekan sebesar 4.76%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai KBM secara individual sebesar 75, dan telah mencapai nilai klaksikal sebesar 85% dari nilai keseluruhan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 16:01
Last Modified: 20 Jul 2022 16:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item View Item