RELASI SUAMI ISTRI DALAM MENGURUS RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER (Studi Wanita Karier di Desa Krasak Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo)

Khaulah, Hana' Nabila (2022) RELASI SUAMI ISTRI DALAM MENGURUS RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN GENDER (Studi Wanita Karier di Desa Krasak Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang telah ditemukan di Desa Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo adalah Fenomena Wanita Karier bukan suatu hal yang asing lagi ditengah masyarakat sekarang ini karena sebenarnya sekarang banyak para wanita karier yang memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya, baik itu dalam hal membuka warung dirumah, guru, juga usaha lainnya. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: (1) Bagaimana Relasi Suami Istri dalam Keluarga Wanita Karier di Desa Krasak. (2) Bagaimana Relasi Suami Istri dalam Keluarga Wanita Karier di Desa Krasak Perspektif Hukum Islam dan Gender. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi melalui wawancara langsung dengan wanita karier, suami, dan anaknya dalam mengetahui mengenai Relasi Suami Istri dalam Keluarga Wanita Karier di Desa Krasak perspektif Hukum Islam dan Gender. Dalam penelitiannya penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian dengan menggambarkan atau menjelaskan suatu objek penelitian yang berdasarkan dengan data yang sudah dikumpulkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat wanita karier yang relasi antara suami dan istri baik ada juga sebaliknya, relasi suami istri dalam keluarga wanita karier dengan tidak saling melimpahkan pekerjaan dan tanggung jawab pada satu sama lain. Selain itu pembagian tugas domestik harus dilakukan secara adil dan disepakati bersama, serta tidak boleh melihat unsur kelamin. Adanya kerjasama yang dilakukan secara sepadan dan adil antara suami dan istri dalam keluarga juga dalam menjalankan fungsi keluarga dengan cara membagi peran dan pekerjaan baik yang bersifat publik, domestik maupun sosial kemasyarakatan. Dan sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam Hukum Islam dan Gender. Namun terdapat salah satu wanita karier di Desa Krasak mengalami peran ganda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 20:24
Last Modified: 20 Jul 2022 20:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item