PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA

FEBRIYANI, SINDI (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GIRI SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SINDI FEBRIYANI 23060180083.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan hasil penggunaan modul IPA terpadu berbasis project based learning (PjBL) terintegrasi science, technology, engineering, arts and mathematics (STEAM) materi tekanan zat kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development dengan mengadaptasi dari model pengembangan 4D yang dipelopori oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Penelitian ini dibatasi hanya 3 tahapan yaitu define, design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang meliputi angket kelayakan dan angket uji kepraktisan. Selain itu, digunakan soal pretest dan posttest untuk mengetahui hasil penggunaan modul IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 93%. Sedangkan untuk kepraktisan modul memperoleh persentase 86% dari penilaian guru IPA, dan 90,6% dari peserta didik. Berdasarkan kepraktisan modul yang dinilai dari guru IPA dan peserta didik termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Teknik pengambilan data terkait hasil penggunaan modul IPA dilakukan dengan metode one group pretest-posttest design yang hanya berfokus pada kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Hasil penggunaan modul IPA dianalisis dengan uji paired samples t test yang menunjukkan nilai t hitung sebesar -6,035 yang bernilai mutlak sehingga menjadi 6,035 yang lebih besar dari t tabel dengan nilai 2,145 serta nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul IPA berbasis PjBL terintegrasi STEAM efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 21:29
Last Modified: 20 Jul 2022 14:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item