MANAJEMEN PELAYANAN MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH CALON JAMAAH HAJI PADA KBIHU ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG DI MASA PANDEMI

DAMAYANTI, IRMA (2022) MANAJEMEN PELAYANAN MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS IBADAH CALON JAMAAH HAJI PADA KBIHU ISTIQOMAH UNGARAN KABUPATEN SEMARANG DI MASA PANDEMI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
.Skripsi Irma Damayanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

KBIHU merupakan lembaga sosial Islam yang memiliki peran membantu para calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah suci melalui pelayanan bimbingan manasik haji. Adanya pandemi berimbas pada pelayanan manasik haji di KBIHU Istiqomah Ungaran yang harus tetap melaksanakan pelayanan manasik haji di masa pandemi. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan manasik haji yang dilakukan oleh KBIHU Istiqomah Ungaran dalam meningkatkan kualitas ibadah calon jamaah haji di masa pandemi. (2) bagaimana peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang dihadapi KBIHU Istiqomah Ungaran selama melaksanakan pelayanan manasik haji di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara pengurus KBIHU Istiqomah dan calon jamaah haji KBIHU Istiqomah. Adapun data sekunder yakni berupa foto-foto kegiatan manasik haji dan dokumen resmi KBIHU Istiqomah Ungaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen pelayanan manasik haji KBIHU Istiqomah dalam meningkatkan kualitas ibadah calon jamaah haji di masa pandemi menggunakan fungsi manajemen itu sendiri yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan demikian, pelayanan manasik haji di masa pandemi berjalan dengan lancar dan memiliki pengaruh yang besar terhadap calon jamaah haji salah satunya dapat mengajarkan kepasrahan, tawakal serta meningkatkan kekhusu‟an dalam beribadah sehari-hari dan membangunkan kembali semangat para calon jamaah haji dalam mempersiapkan diri berangkat ke Tanah Suci. (2) Dalam pelayanan manasik haji terdapat kekuatan dan peluang yang menjadikan pelaksanaan manasik haji di masa pandemi berjalan secara efektif dan efesien. Akan tetapi terdapat juga ancaman dan kekurangan sekiranya diperbaiki agar pelayanan manasik haji lebih baik di masa mendatang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2022 16:20
Last Modified: 21 Jul 2022 09:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item