Kamal, Fikri Ahmad (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Print_Fikri Ahmad Kamal_Skripsi Kuantitatif Bismillah_Revisi Terakhir.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kamal, Fikri Ahmad. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Hukum Archimedes di SMPN 2 Salatiga. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Hukum Archimedes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa dalam materi Hukum Archimedes pada siswa di SMP Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Salatiga. Populasi dari jumlah keseluruhan subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah sebanyak 246 siswa. Hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Archimedes efektif terhadap pemahaman konsep siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,600 > 2,048 dan signifikasi sebesar 0,015 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 20:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 20:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14097 |
Actions (login required)
View Item |