Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jual Beli Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada Siswa Kelas III A Semester II MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016

Susanto, Susanto (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jual Beli Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada Siswa Kelas III A Semester II MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SUSANTO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPS pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk menghafal materi pelajaran, sehingga guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Pembelajaran IPS di sekolah dasar sejauh ini masih di dominasi oleh pembelajaran konvensional. Masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan cenderung pasif dalam pembelajaran akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jual beli pada siswa kelas III A MI Ma’arif Mangunsari Salatiga tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jual beli pada siswa kelas III A MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Dapat dilihat dari hasil analisis data akhir yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 69.09 menjadi 74.24 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85.45. Untuk angka ketuntasan belajar siswa pada pra siklus seanyak 19 anak atau sebesar 57.58 % meningkat menjadi 23 anak atau sebesar 69.70 % pada siklus I dan menjadi 31 anak atau sebesar 93.94 % pada siklus II. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 36.36 % atau sebanyak 12 anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:22
Last Modified: 06 Apr 2017 02:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item