PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 5 SUBTEMA 2 MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

lathifah, Umi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 5 SUBTEMA 2 MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
UMI LATHIFAH_23040180094.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lathifah, Umi. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Subtema 2 Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Berbantu Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Semester Genap Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dan media Audio Visual. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah adalah menjelaskan Peningkapan Hasil Belajar dalam Penerapan metode bermain peran Role Playing berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn tema 5 subtema 2 Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kelas V MI Ma’arif raten Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas V MI Ma’arif Sraten dengan jumlah siswa sebanyak 13 anak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada prasiklus yang mencpai KKM hanya 3 siswa dari 13 siswa atau 23% dengan nilai rata-rata 61,15. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa dari 13 siswa atau 54% dengan nilai rata-rata 67,30. Adapun pada siklus II yang mencapai KKM sebnyak 12 siswa dari 13 siswa atau 92% dengan nilai rata-rata 83,07. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran (Role Playing) dengan berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPkn materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V MI Ma’arif Sraten Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 14:41
Last Modified: 22 Jul 2022 07:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item