PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2021/2022

Ningrum, Melinia (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCRATCH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MELINIA NINGRUM.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis scratch dengan pendekatan kontekstual materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bringin yang layak digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan utama, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilakukan pada kelas IX SMP Negeri 1 Bringin dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa lembar pedoman wawancara, lembar angket validasi ahli, lembar evaluasi siswa, dan dokumentasi. Analisis data penilaian validasi ahli untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis scratch menggunakan skala likert dengan format lima poin skala. Nilai post-test hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui keefekifan e-modul berbasis scratch. Hasil belajar tersebut dianalisis dengan uji beda rata-rata independent sample test menggunakan SPSS versi 25. Pengembangan e-modul berbasis scratch dengan pendekatan kontekstual pada siswa IX SMP Negeri 1 Bringin materi bangun ruang sisi lengkung sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa. Penggunaan modul dengan berbasis web masih jarang dijumpai yang sebenarnya dapat menambah ketertarikan siswa untuk belajar. Mengingat sekarang ini siswa tidak bisa terpisahkan dari handphone atau teknologi lainnya, maka dikembangkan suatu modul pembelajaran berbasis web yang dapat dibawa dan dibuka kapanpun. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh validator ahli dan respon siswa diperoleh rata-rata hasil penilaian ahli media sebesar 74,67%, rata-rata hasil penilaian ahli materi sebesar 75%, rata-rata hasil penilaian siswa kelompok kecil sebesar 84,92%, dan rata-rata hasil penilaian siswa kelompok besar sebesar 86,37%. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 84,93% dengan kategori Baik. Berdasarkan uji keefektifan e-modul terhadap hasil belajar siswa menggunakan uji beda rata-rata independent sample test diperoleh nilai signifikan 0,001 kurang dari 0,05, dapat diartikan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas IX B lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas IX C. Ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas IX B dengan IX C SMP Negeri 1 Bringin, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan efektif dan layak untuk digunakan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 15:46
Last Modified: 22 Jul 2022 08:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item