EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IPS BERBENTUK E-MODUL SIGIL PADA TEMA MENGENAL LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

ALI, MUKTI (2022) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IPS BERBENTUK E-MODUL SIGIL PADA TEMA MENGENAL LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MUKTI ALI (12020190021) FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui efektivitas e-modul sigil terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus, (2) untuk mengetahui efektivitas e-modul sigil terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus, (3) untuk menganalisis efektivitas e-modul sigil terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan rancangan nonrandomized pretestposttest design (eksperimen yang betul). Jumlah subyek penelitian ini adalah siswa dari semua kelas III MI NU Tarbiyatul Banat Kudus dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Jumlah tersebut dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol 30 siswa (Kelas III B) dan kelas eksperimen sejumlah 30 siswa (Kelas III A). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar e-modul sigil pada tema mengenal lingkungan alam, nilai hasil belajarnya adalah 78,63, dan nilai rata-rata motivasi belajar kelas kontrol (Tanpa e-modul sigil) pada tema mengenal lingkungan alam nilai hasil belajarnya adalah 73,87. Bahan ajar e-modul sigil lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (t=1,669; p=0,000). (2) nilai hasil belajar kelas kontrol yaitu 64.40, pada kelas eksperimen 71,97. Bahan ajar e-modul sigil pada tema mengenal lingkungan alam sekitar lebih baik dengan t=1,699, p=0,000, (3) untuk hasil efektivitas pada peningkatan motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai ketika pretest kelas eksperimen rata-rata 76,33 dan posttest kelas eksperimen yaitu 94,67. Untuk kelas kontrol nilai pretest adalah 64.50 dan posttest 76,90 dan Nilai thitung sebesar 93,284, nilai , ttabel 1,699, dan p=0,00 <0,05. Kata Kunci : Bahan Ajar, E-Modul Sigil, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 17:08
Last Modified: 22 Jul 2022 10:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item