Anisa, (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. [UNSPECIFIED]
Text
Anisa 23060180022.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anisa. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining; Poster; Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2021/ 2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali, pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda soal, dan uji tingkat kesukaran soal. Data pretest dan posttest di analisis menggunakan program SPSS 22.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (Independent Sample T-test). Instrumen non tes berupa angket respon siswa berjumlah 15 butir pertanyaan yang berfungsi untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model student facilitator and explaining berbantuan media poster. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest materi sistem ekskresi pada manusia kelas eksperimen (76,87) > kelas kontrol (66,83). Berdasarkan analisis uji-t (Independent Sample Test) diperoleh nilai thitung 3,680 > ttabel 2,000 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari kesimpulan tersebut membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model student facilitator and explaining berbantuan media poster efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jul 2022 01:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 13:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14151 |
Actions (login required)
View Item |