Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Uang Melalui Metode Role-Playing Pada Siswa Kelas III Semester 2 MI Ma’arif Arrosyidin Pucang Kecamatan secang Kabupaten magelang TahunPelajaran 2016

Suryani, Elin Nurliana (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Uang Melalui Metode Role-Playing Pada Siswa Kelas III Semester 2 MI Ma’arif Arrosyidin Pucang Kecamatan secang Kabupaten magelang TahunPelajaran 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
BURN CD SKRIPSI ELIN FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPS pada umumya membutuhkan siswa untuk menghafal materi pelajaran, sehingga penggunaan strategi pembelajaran yang tepat perlu untuk dikembangkan dan dilakukan dengan sebaik mungkin agar tercapai tujuan dengan maksimal. Namun adanya ketidakmampuan seorang guru dalam penggunaan strategi maupun strategi pembelajaran yang aktif dalam sebuah kegiatan belajar mengajarakan membuat pembelajaran cenderung membosankan dan minat belajar siswa berkurang, yang nanti pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal dan mengecewakan. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode role-playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang pada siswa kelas III Ma’arif Arrosyidin Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten magelang Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi obeservasi, dokumentasi, tes. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role-playingdapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang pada siswa kelas III MI Ma’arif Arrosyidin Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 61,28 menjadi 70,14 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,80 jadi dari pra siklus ke siklus II nilai rata-rata hasil belajar naik sebesar 81,80. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari prasiklus ke siklus I naik menjadi 6 anak atau sebesar 28,43% dan pada siklus I ke siklus II naik menjadi 8 anak atau sebesar 38,24%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:50
Last Modified: 06 Apr 2017 02:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item