Efektivitas Pembelajaran matematika model flipped classroom berbantuan video materi garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP NEGERI 2 Pabelan kabupaten Semarang terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar tahun ajaran 2021/2022

Adiba, Naila (2022) Efektivitas Pembelajaran matematika model flipped classroom berbantuan video materi garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMP NEGERI 2 Pabelan kabupaten Semarang terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar tahun ajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Naila Adiba 23070180074.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adiba, Naila. 2022. Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Flipped Classroom Berbantuan Video Materi Garis dan Sudut pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan Kabupaten Semarang Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom, M. Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Flipped Classroom, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model flipped classroom berbantuan video terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan materi garis dan sudut. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan dengan sampel yang diambil secara acak menggunakan Teknik sampling cluster random sampling sebanyak 36 peserta didik kelas VII A dan 36 peserta didik kelas VII C. Data penelitian diperoleh dari nilai hasil belajar matematika, skor kuesioner motivasi belajar, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Berdasarkan analisis tes hasil belajar dengan menggunakan uji independent simple t-test, diperoleh nilai thitung = 6,005 sedangkan ttabel = 1,666, sehingga thitung > ttabel dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis motivasi belajar dengan menggunakan uji yang sama diperoleh nilai thitung = 5,672 sedangkan ttabel = 1,666, sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik lebih termotivasi di kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut efektif ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 16:27
Last Modified: 25 Jul 2022 09:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item