Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Tempat melalui Permainan Kantong Bilangan Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017

Hastuti, Ismi Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Tempat melalui Permainan Kantong Bilangan Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ISMI DWI HASTUTI (115-12-074).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III di MI Ma’arif Tingkir Lor pada materi nilai tempat. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-ratasiswa kelas III pada materi nilai tempat yaitu 44,67. Salah satu penyebab rendahnya hasilbelajar yaitu kurangnya perencanaan dalam mengolah materi yang akan diajarkan. Masalahutama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika melaluipermainan kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokokbahasan nilai tempat kelas III MI Ma’arifTingkir Lor Tahun ajaran 206/2017? Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor dengan jumlah 15 siswa. Datapada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi berupa essay, dan dokumentasi pada pembelajaran nilai tempat melalui permainan kantong bilangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Tingkir Lor dalam materi nilai tempat dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar.Diperoleh data pra siklus persentase ketuntasan 40% dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥60 ada 6 siswa.Siklus II persentase ketuntasan mencapai 60% dengan siswa yang tuntas dengannilai ≥60 ada 9 siswa. Siklus II persentase ketuntasan mencapai 73,33% dengan siswa yangtuntas dengan nilai ≥60 ada 11 siswa. Siklus III persentase ketuntasan mencapai 86, 67% dengan siswa yangtuntas dengan nilai ≥60 ada 13 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2017 03:31
Last Modified: 06 Apr 2017 03:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item