Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Daya Saing di PT Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga

Alfiyani, Puput Riya Noor (2022) Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Daya Saing di PT Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Puput Riya Noor Alfiyani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alfiyani, Puput Riya Noor. 2022. Strategi Pemasaran dengan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Keunggulan Daya Saing di PT. Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.Si. Kata Kunci : Analisis SWOT, Keunggulan Daya Saing, Strategi Pemasaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peningkatan jamaah haji dan umrah di Indonesia. Sehingga semakin banyak Biro Perjalanan Wisata dan tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan antar perusahaan tidak dapat dihindarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di PT. Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga dalam meningkatkan keunggulan daya saing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari karyawan dan alumni jamaah PT. Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Strategi berdasarkan analisis SWOT di PT. Madinah Iman Wisata antara lain: 1) Strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu dengan menciptakan pemasaran melalui sosial media dengan mengikuti kemajuan teknologi dan meningkatkan kinerja karyawan untuk memperbanyak pangsa pasar. 2) Strategi ST (StrengthThreat) yaitu dengan tetap konsisten dan meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan minat jamaah, meningkatkan varian produk dan paket layanan ketika muncul penawaran yang sama dari perusahaan pesaing. 3) Strategi WO (Weakness-Opportunity) yaitu dengan memperkuat kerjasama antara alumni jamaah dengan karyawan dengan mengadakan anjangsana rutin dan menggunakan tempat lain ketika ada event dengan jamaah, misalnya di hotel. 4) Strategi WT (Weakness-Threat) yaitu dengan meningkatkan penyuluhan kepada jamaah tentang kesesuaian harga dengan fasilitas yang diberikan sebelum berangkat ibadah haji atau umrah. Adapun strategi pemasaran yang digunakan PT. Madinah Iman Wisata Cabang Salatiga dalam meningkatkan keunggulan daya saing yaitu: 1) Menggunakan media sosial. 2) Menggunakan prinsip 5 pasti umrah (pasti travelnya, pasti terbangnya, pasti jadwalnya, pasti hotelnya, dan pasti visanya). 3) Mengadakan pelatihan khusus untuk para karyawan. 4) Memiliki pembimbing yang berkompeten. 5) Memberikan penawarkan produk dan paket layanan yang beragam. 6) Memberi promo kepada para jamaah yang berupa diskon atau cashback untuk menarik minat jamaah

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 18:38
Last Modified: 26 Jul 2022 11:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item