PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDYSASTER DENGAN MEDIA APLIKASI CANVA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII B MTs NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, Khoirunnissa almar'atus sholikhah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDYSASTER DENGAN MEDIA APLIKASI CANVA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII B MTs NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FIKS REVISI SKRIPSI-KHOIRUNNISSA ALMAR'ATUS SHOLIKHAH-23060180098-T.IPA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 20:57
Last Modified: 26 Jul 2022 20:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item