, Khoirunnissa almar'atus sholikhah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDYSASTER DENGAN MEDIA APLIKASI CANVA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII B MTs NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
FIKS REVISI SKRIPSI-KHOIRUNNISSA ALMAR'ATUS SHOLIKHAH-23060180098-T.IPA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥75. Sholikhah, Khoirunnissa Almar’atus. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Studysaster dengan Media Aplikasi Canva Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Canva; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia; Studysaster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan studysaster dengan media aplikasi canva berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022 pada materi sistem pernapasan pada manusia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I dimana siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa (7%) dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa (93%) dengan nilai rata-rata dalam siklus I ini yakni 46,7. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,02 %), dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (12,98 %) dengan nilai rata rata dalam kelas pada siklus II yakni 80,6. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 20:57 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 20:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14192 |
Actions (login required)
View Item |