Sari, Wulan Vita (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Materi Memahami Peta Lingkungan Setempat Melalui Strategi Mind Mapping pada Siswa Kelas IV MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
WULAN VITA SARI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya dalam Penerapan StrategiMind Mapping UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2016. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitianini adalah apakah penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan hasilbelajar IPS pokok bahasan: Memahami peta lingkungan setempat. Padasiswa kelas IV MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun 2016 ?. Guna menjawab pertanyaaan tersebut peneliti melakukanpenelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 1 pra-siklus dan 2 siklus. Tiapsiklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untukmengindentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, danmembuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaranpada mata pelajaran IPS 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melaluites dan lembar pengamatan, 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan.Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Tholabiyah Tegaron Kec. Banyubiru, Kab. Semarang tahun 2016 yang berjumlah 24 Siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan penerapan strategimind mapping pada saat pembelajaran IPS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi memahami peta lingkungan setempat pada siswa kelas IV MI Tholabiyah Tegaron Kec. Banyubiru, Kab. Semarang tahun 2016. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa pada pra siklus sebesar 60,04 menjadi 62,67 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,25. Jadi dari pra siklus kesiklus II nilai rata-rata hasil belajar naik sebesar 16,72. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus kesiklus I naik menjadi 12 anak atau sebesar 50% dan menjadi 22 anak pada siklus II atau sebesar 91%. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 85,81% atau sebanyak 14 anak.Mengacu pada hasil penelitian, penelitimenyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkaninovasi pembelajarannya dengan menggunakan media, model, metode danstrategi pembelajaran yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 04:03 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 04:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1421 |
Actions (login required)
View Item |