Widiyanti, (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
WIDIYANTI 23060180041.pdf Download (5MB) |
Abstract
Widiyanti. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Animasi Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Terhadap Berpikir Kreatif Siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL); Video Animasi; Berpikir Kreatif Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi materi sistem ekskresi pada manusia terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif eksperimen dengan desain the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 122 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga terpilih satu kelas sampel yaitu kelas VIII Imam Tirmidzi berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan nontes pre-angket dan post-angket yang dinilai melalui kuesioner, observasi, dan penilaian terhadap produk kreativitas berupa poster sistem ekskresi pada manusia. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi materi sistem ekskresi pada manusia dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa yang dapat dilihat dari hasil antara pre-angket siswa tidak kreatif 6, kurang kreatif 21, dan cukup kreatif 5 sedangkan hasil berpikir kreatif siswa post-angket meningkat menjadi siswa tidak kreatif 2, kurang kreatif 11, cukup kreatif 9, dan kreatif 10. Setelah dianalisis secara kuantitatif uji t-test (Paired Sample T-Test) dengan program SPSS 25.0 diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan Thitung 16,401 > daripada Ttabel 2,03951 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak da Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi materi sistem ekskresi pada manusia efektif terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 16:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 16:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
View Item |